Wisata Indah di Kepulauan Riau

Kepulauan Riau/KEPRI adalah provinsi dari hasil pemekaran Provinsi Riau, maka tak heran jika Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki daratan cukup kecil yakni 5% sedangkan 95% berupa lautan. Meskipun demikian, kawasan di Kepulauan Riau di anugerahi berbagai tempat indah dan bisa menjadi obyek wisata unggulan dari daerah tersebut.

Alam di Kepulauan Riau mempunyai iklim tropis, dan memiliki 2.408 pulau 30% diantaranya belum berpenghuni. Tidak usah berbasa-basi panjang lebar ya kawan, berikuat adalah tempat wisata di Kepulauan Riau yang wajib Anda kunjungi;

  1. Danau Biru

Keberadaannya di kawasan Pulau Bintan, Kepulauan Riau yakni di daerah Galang Batang. Air di danau ini berwarna biru sesuai dengan namanya, pemandangan disekitarnya pun cantik dan di sekeliling danau dihiasi oleh beberapa bukit pasir. Danau Biru ini adalah bekas galian tambang pasir dan terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam.

Disaat cuaca lagi cerah, warna airnya akan memancarkkan warna biru muda yang sangat indah, sehingga mampu membius semua mata yang melihatnya. Meskipun begitu faktanya, sebenarnya danau ini bukanlah tempat wisata namun tempat penambangan pasir yang masih aktif.

  1. Gunung Daik

Mendaki Gunung Daik penuh mistis namun eksotis, menakutkan tetapi mempesona, begitulah kiranya kesan pelancong saat mengunjungi gunung ini. Gunung teringgi di Kepulauan Riau sekitar 1.170 meter dpl memiliki rute puncak yang penuh dengan tantangan. Semua kelelahan akan terbayarkan ketika memasuki kawasan hutannya yang sejuk dan masih perawan.

Konstur medan yag beragam mulai dari jalan setapak yang berliku-liku, sangat cocok bagi anda yang menyukai olahraga ekstrim dan tentunya sangat menguji mental dan adrenalin. Sebelum melakukan perjalanan menuju ke puncak Gunung Daik, para pengunjung dianjurkan untuk lapor kepada petugas pariwisata setempat.

Hal tersebut sangat penting untuk memudahkan pemantauan dan kordinasi, untuk penunjuk jalan bisa minta bantuan jasa pemandu wisata. Dilihat dari admistratif Gunung Daik masuk di dalam wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

  1. Gunung Bintan

Pendaki akan mendapati banyak hal menarik ketika mendaki puncak Gunung Bintan yang dapat ditempuh selama 2 jam. Dari puncaknya terdapat keindahan pemandangan di sekeliling Pulau Bintan dan juga hutan tropisnya memiliki flora serta fauna yang khas. Selain itu, dikawasan Gunung Bintan ada perkebunan buah-buahan milik penduduk seperti durian, rambutan, manggis, duku, dsb.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan acara-acara khas pariwisata, berkunjunglah pada bulan Juli. Di bulan Juli rutin diselenggarakan acara tahunan yang bertanjuk “ Bintan Mountain Tracking and Durian party “ yakni perlombaan melewati jalan berundak menuju puncak gunung pada malam hari. Nah, untuk ujung acaranya diakhiri dengan pesta makan durian dan ikan bakar.

  1. Gunung Ranai

Letak Gunung Ranai berada Kabupaten Natuna, Pulau Ranai, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Gunung ini berketinggian antara 300-1.050 meter dpl dan merupakan gunung dataran rendah, meskipun demikian wisatawan yang mendaki akan disuguhi fenomena menarik berupa gradasi bermacam tanaman dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas.

Untuk dapat sampai ke puncaknya, harus melewati tiga puncak berupa tebing batu yang memiliki ketinggian berbeda-beda. Puncak Serendit adalah puncak pertama dengan ketinggian 968 meter dpl berupa gugusan tebing setinggi 100 meter, lalu Puncak Erik Samali berada di ketinggian 1.000 meter dpl dengan tinggi tebing 155 meter dan Puncak Datuk Panglima Husin berada diketinggian 1.050 meter dpl yang memiliki tebing kurang lebih 220-an meter.

  1. Bukit Senyum

Di Bukit Senyum menyimpan potensi wisata yang bagus yakni dari kawasan bukit pengunjung bisa memotret Negara Singapura beserta bangunannya dan juga lalu lalang kapal yang hilir mudik dari Batam ke Singapura. Tidak cuma itu, disini kita juga dapat leluasa menyaksikan pesawat-pesawat dari Bandara Internasional Chagi, Singapura, take off hingga ke atas bukit.

Ketika malam, keindahannya pun tak terkalahkan yakni keindahan lampu-lampu kapal dan bangunan tinggi di Singapura tampak bekerlap-kerlip. Suatu cara untuk menikmatinya bisa duduk santai di atas rumput maupun kursi-kursi yang di sediakan oleh pedagang setempat.

  1. Pulau Bawah Ambalas

Pulau Bawah adalah gugusan pulau di Provinsi Kepulauan riau yang diklaim sebagai pulau tropis terindah di Asia atau Asia’s top five tropical island paradises yang mengalahkan Koh Cang dan Similan Islan di Thailand, Langkawi di Malaysia serta Teluk Halong di Vietnam. Pulau ini sangat menyenangkan bagi mereka yang menyukai diving dan snokerling.

Dengan memiliki air yang jernih berwarna biru, pemandangan di perairannya sangat jelas sekali. Selain itu pula vegetasi di Pulau Bawah bervariasi dari pohon-pohon kelapa dan aren kanopi hutan lebat di atas lereng memberikan latar belakang yang begitu dramatis.

  1. Pulau Abang

Pulau Abang berukuran sekitar 2.000 x 5. 000 m, yang terletak di sebelah selatan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Abang ini juga merupakan tempat wisata laut yang menarik, oleh karena memiliki terumbu karang, beragam jenis ikan hias berwarna-warni serta biota laut yang di anggap setara dengan taman laut Bunaken oleh para penggemar snokerling.

Terbukti karena banyaknya pemancing ikan yang datang di kawasan Pulau Abang ini untuk memburu ikan selar, ikan pasir merah, ikan lencing, ikan kakap merah, ikan pinang, dan masih banyak lainnya. Pulau ini dapat di akses dengan menggunakan perahu bot ( perahu bot pompon ) dari jembatan 6 Barelang  yang jaraknya kurang lebih 13 km.

  1. Pulau Penyengat

Berwisata sejarah di Pulau Penyengat adalah suatu yang harus kamu kunjungi jika sudah berada di Provinsi Kepulauan Riau. Disini kalian akan disuguhi wisata bersejarah Masjid Raya Sultan Riau yang konon terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam Raja Ali Haji ( pahlawan nasional ), kompleks istana kantor serta benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Usut punya usut sejak dari tanggal 19 Oktober 1995, Pulau Penyengat dan kompleks istana telah dicalonkan atau diajukan ke UNESCO guna dijadikan salah satu situs warisan dunia. Dari Pulau Batam pulau ini berjarak sekitar  37 km, bisa di tempuh dari Tanjungpinang dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan.

  1. Pantai Nusantara

Pantai satu ini sangat diminati oleh wisata asing karena menawarkan keindahan alam yang berpadu dengan penataan ruang yang cukup baik serta mudah dijangkau. Pantai Nusatara selalu bersih dengan pasir putihnya yang wah, membuat siapapun betah menghabiskan waktu liburannya. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati bermacam makanan dan minuman yang disediakan pengelola pantai.

Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung di saat akhir pekan ataupun hari liburan. Apabila pengunjung yang ingin menginap, di kawasan pantai terdapat 3 unit villa yakni 2 unit berada dipantai dan 1unit lainnya menjorok sedikit kelaut.

  1. Pantai Trikora

Pantai berpasir putih serta ombak yang landai, pantai ini menjadi salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumatera. Anda juga bisa menikmati pesona bawah lautnya dengan cara ber-snokerling, selain itu banyak juga yang memancing di antara batu-batu besar di pinggir pantai menjadi tempat yang sangat asik.

Keindahan ombak juga semilir anginnya sangat lengkap jika dinikmati di dalam pondok peristirahatan dekat pantai. Beberapa hotel di kawasan pantai juga menyediakan tur menyusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, permainan banana boat, kano, dll.  Seletah puas, kini saatnya mencari santapan yang bisa anda dapat dengan mudah di sepanjang pantainya dengan masakan khasnya otak-otak.

Lokasinya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Rau, Sumatera. Kebanyakan wisatawan yang ingin ke Pantai Triloka ditempuh dari Tanjung Pinang ke perbatasan Kabupaten Bintan, melewati jalan yang sudah bagus dan lebar hingga dapat dilalui empat jalur mobil.

  1. Pantai Nongsa

Pantai ini berada di bagian timur laut Pulau Batam, yakni di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Konon, sebelum di kenal banyak orang kawasan ini adalah lahan kosong yang dipenuhi semak belukar. Tetapi berkat jasa salah satu tokoh Melayu, kawasan ini berubah menjadi daerah yang sangat potensial dan berhasil membuat investor membangun bermacam resot di sekitarnya.

Serunya, Pantai Nongsa sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, hanya butuh sekitar 30 menit untuk menuju ke pantai Singapura tersebut. Pantai nan cantik ini menghadap ke barat laut hingga sangat mendukung untuk menikmati sunsetnya, oh iya ternyata pemandangan bawah lautnya juga tak mau kalah.

Banyak sekali fasilitas yang bisa anda temui disini seperti hotel, resor berkelas internasional, lapangan golf , aneka rumah makan dan restoran dengan hidangan andalannya berjenis seafood. Jangan lewatkan pula membawa oleh-oleh khas dan cinderamata yang bisa anda dapat di pusat souvenir Pantai Nongsa.

  1. Pantai Melur

Disepanjang pantainya adalah hamparan pasir putih dengan suasananya yang mendukung untuk bersantai dan mencari inspirasi. Selain sebagai tempat bercengkerama, biasanya pengunjung yang datang melakukan olahraga ringan seperti voli pantai, sepakbola pantai dan sebagainya. Berenang dan bermain air sambil mencari ikan maupun bintang lautnya akan menambah daya tarik tersendiri.

Nah untuk kalian yang gemar melakukan wisata kuliner, di area pantai ini banyak warung yang menyediakan aneka makanan laut mulai dari kepiting, sotong, dan beberapa jenis ikan yang siap memuaskan perut anda. Letak Pantai Melur di sisi barat Pulau Galang, Barelang, Tanjung Pinang, sekitar 50 km sebelah selatan Pulau Batam yang keberadaannya persis di sebelah jembatan V.

  1. Pantai Marina

Belum lengkap rasanya jika tidak berlibur di Pantai Marina yang merupakan wisata bahari di Batam. Selain itu, kawasan Pantai Marina juga berfungsi sebagai pelabuhan Ferry International Water Front City dan menjadi tempat wisata  favorit bagi warga Batam. Pantai nan indah, bahkan di saat cuaca cerah pengunjung bisa melihat marina Bay Sands di Singapura.

Di tepi pantainya terdapat taman hijau yang tertata menarik serta dilengkapi arena permainan anak-anak, sehingga tidak hayal sebagai tempat liburan keluarga. Pemandangan sunset di Pantai Marina adalah suatu moment yang banyak di cari wisatawan. Bagi travelers yang ingin menikmati lebih lama bisa menginap di Harris Resort dan Holiday Inn yang jaraknya tidak jauh dari pantai.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan ini menjadi ikon Kota Batam, yang popular sebagai landmark-nya Pulau Batam. Tahaukah anda bahwa nama asli dari Jembatan Barelang adalah Jembatan Fisabilillah, nama Barelang tersebut di ambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan itu yakni Batam, Rempang, dan juga Galang. Untuk nama lainnya Jembatan Barelang ialah Jembatan Habibie serta Jembatan Satu.

Pembangunannya merupakan Pilot Project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia dan tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun guna memperluas Wilayah Kerja Otoria Batam ( OB ) sebagai regulataor daerah industry Pulau Batam. Pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 400 M dari anggaran OB pada tahun 1992-1998.

  1. Megawisata Ocarina Batam

Sebuah tempat wisata pantai yang berlokasi di Pulau Batam , Kepulauan Riau yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Januari 2009 silam. Wahan ini berada di atas lahan seluas 40 hekra yang letaknya persis di tepan Teluk Kering dan kompleks perumahan mewah Costarina. Tempat wisata satu ini sangat lengkap karena semua pengunjung bisa mencoba berbagai macam wahana yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Berikut wahana yang tersaji di Megawisata Ocarina Batam; Giant Wheel, Ekstrem Sky Runners, bermcam Wahana Air ( seperti Banana Boat, Kapal Dayung, Renang, dan juga menyelam ), Kampoeng Indonesia ini adalah pusat jajanan yang menjadi pusat wisata kuliner, dan Kampoeng Seni yakni pusat oleh-oleh yang menyediakanproduk kerajinan dan karya seni.

Sumber : http://obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id/2016/08/15-tempat-wisata-di-kepulauan-riau-yang.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *