Tips Membeli Properti Second untuk Memulai Bisnis bagi Pemula

Bisnis properti terus menunjukkan prospek cerah tiap tahun perkembangannya. Salah satu kota besar yang juga merasakan manfaat ini adalah Yogyakarta. Kontrakan Jogja menjadi salah satu properti yang paling diminati pelajar dan mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk menimba ilmu di Kota Pendidikan ini. Kondisi ini merupakan peluang bagi Anda yang tertarik untuk mulai membuka bisnis kontrakan.

Kontrakan rumah merupakan investasi antiinflasi sekaligus tidak memerlukan modal besar, karena sejatinya setiap bisnis lebih mengedepankan keterampilan berbicara, sehingga tanpa modal pun Anda bisa. Nah untuk Anda yang pemula, memilih properti second merupakan alternatif terbaik karena properti yang bisa menguntungkan tidak hanya dalam kondisi baru. Lantas bagaimana memilih properti second yang baik itu? Berikut tips-tipsnya.

Mulai dari Nol

Memulai dari nol merupakan langkah awal yang membuat Anda memiliki keahlian yang lebih banyak dan lebih baik daripada pebisnis lain yang meneruskan sebuah bisnis mulai dari level tengah. Pada kondisi dan situasi seperti ini, Anda dituntut untuk tekun mempelajari cara mengatasi setiap kegagalan sehingga ketika Anda sukses, ada kepuasan tersendiri yang tidak dapat dirasakan pebisnis level tengah.

Rajin Mencari Informasi

Sumber informasi saat ini sudah sangat beragam dan banyak pula yang memuat iklan properti, seperti internet, TV, koran, atau papan iklan di pinggir jalan. Anda bisa memilih satu di antara properti second yang ditawarkan, terutama yang memiliki nilai lebih di antar properti lainnya, misal dari segi lokasi, fasilitas, dan tentu saja harga.

Kemudahan Akses

Akses yang mudah berarti lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum (fasum), seperti sekolah, rumah sakit, stasiun, terminal, apotek, dan fasum penting lainnya. Jika rumah second yang Anda beli berada di luar kota, pilih yang terdekat dengan kota. Namun, jika rumah yang Anda beli terletak di pusat atau kota besar, pilih yang dekat dengan akses transportasi.

Misalnya di kota ini, kontrakan Jogja yang banyak dicari pelajar dan mahasiswa tentu yang dekat dengan sekolah dan kampus mereka atau yang memiliki akses paling dekat dengan transportasi. Semua kembali pada kejelian Anda dalam memilih lokasi.

Membeli Rumah Rusak

Cari informasi yang dimulai dari lingkungan Anda karena bisa jadi di sekitar Anda ada orang yang melakukan jual beli rumah. Anda bisa menggali informasi dari mereka tentang detail rumah most wanted serta lokasinya. Setelah Anda mendapatkan informasi yang diinginkan, untuk memperoleh keuntungan maksimal, beli rumah yang sudah tua dan rusak, sehingga mendapatkan harga minimal.

Rumah yang Anda beli dan menjadi hak milik Anda ini harus segera direnovasi secukupnya hingga menarik para pengontrak. Kondisi rumah yang sudah bagus ini menentukan harga sewa kontrak sesuai dengan besarnya harga beli, biaya perbaikan, sekaligus profit yang ingin Anda peroleh. Namun tetap dibawah harga sewa properti baru dengan kualitas sama.

Bebas dari Bencana Alam

Indonesia masih rawan terkena bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, gempa, atau gunung meletus, termasuk di Yogyakarta. Agar rumah yang Anda kontrakkan lebih cepat laku, belilah rumah di lokasi bebas bencana alam. Sebab saat ini pelajar dan mahasiswa merupakan masyarakat kritis yang memasukkan syarat keamanan properti saat akan mengontrak rumah.

Memastikan Kelengkapan Surat

Untuk menghindar dari penipuan properti, Anda harus memastikan legalitas rumah yang Anda beli. Sertifikat Hak Milik (SHM), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan sertifikat lainnya harus Anda cek dengan teliti. Hindari membeli rumah yang tidak memiliki surat lengkap atau fotokopinya saja. Sebaiknya minta bukti pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Langkah ini akan menjauhkan Anda dari permasalahan terkait hak guna dan hak milik rumah maupun tanah.

Ketersediaan Air Bersih

Cek ketersediaan air bersih sebelum membeli rumah second. Pastikan pula keberadaan sumur yang tidak kering atau kemudahan dalam mengakses PDAM. Rumah yang tidak dilengkapi air bersih cenderung kurang diminati dan bisa menurunkan harga sewa meskipun kotrakan Anda sudah direnovasi dengan baik dan desainnya modern serta kekinian.

Menggunakan Jasa Arsitek

Jika Anda masih bingung untuk merenovasi rumah second Anda dengan desain yang menarik, Anda dapat menggunakan jasa arsitek untuk membantu merenovasi dan mendesain ulang rumah tersebut sesuai selera anak muda. Dengan demikian, Anda akan memperoleh harga sewa yang tinggi dari bisnis kontrakan yang Anda geluti.

Menentukan Harga Sewa

Estimasikan pengeluaran untuk renovasi, desain ulang, dan penambahan furnitur lalu sesuaikan dengan harga sewa. Lakukan survei harga sewa di sekitar kampus dan yang jauh dari kampus. Jangan tinggi mematok harga sewa dan jika masih memungkinkan Anda untung, pasang harga sewa yang berlaku umum sehingga calon pengontrak tertarik pada kontrakkan Anda yang baru direnovasi dan desainnya yang kekinian.

Membeli properti second membuat Anda dapat menekan harga sewa sehingga lebih mudah dijangkau oleh pelajar dan mahasiswa. Tips-tips lainnya dapat Anda peroleh dengan berkonsultasi dengan pakar/developer senior yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis properti ini.

Dengan menerapkan semua tips tersebut, kontrakan Jogja yang Anda kembangkan insya Allah menjadi incaran banyak pencari ilmu. Jangan lupa untuk mencari lokasi strategis karena poin ini sangat penting untuk memajukan bisnis properti Anda. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *