Bunga Desember

I. Klasifikasi

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas               : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas        : Liliidae

Ordo                : Liliales

Famili              : Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)

Genus              : Haemanthus

Spesies            : Haemanthus multiflorus

Merupakan tumbuhan berbunga.tumbuhan ini akan berbunga sekitar akhir Nopember, hingga pertengahan Januari. Karena itu bunga ini biasa disebut Bunga Desember (padahal dar Nopember sampai Januari, hehe). Tumbuhnya bunga ini bisa dijadikan tanda bahwa musim hujan telah tiba, karena umbi bunga Desember akan berkembang mengikuti curah hujan wilayahnya, seperti halnya umbi-umbi lain.

Tumbuhan ini hanya berkisar pada tinggi 30-90 cm. Tumbuhan Bunga Desember ini meruakan salah satu favorit saya,bunganya yang didominasi warna merah terang ini berbentuk seperti bola, dengan diameter antara 10-30 cm, bunga ini masih kerabat dekat dengan bunga lili, sehingga sering juga disebut blood lily

Tumbuhan ini memiliki bunga majemuk berbentauk payung yang “berkoloni” sehingga membentuk bola. Ujung-ujung bunga berwarna kunig atau oranye. Tanaman ini membentuk 1 tangkai bunga yang bundar pipih dan muncul di sekitar ketiak daun. mahkotanya berbentuk jarum berwarna merah terang Benang sari melengkung keluar, tangkai sarinya memiliki panjang 2-5 cm dan berwarna merah tua sedangkan kepala sari berwarna merah jambu. Disisi lain bakal buahnya berbentuk elips dan panjang sekitar 0,5 cm.

Sayang sekali foto bunga desember di belakang rumah saya harus “dimusnahkan ” karena lahannya dipakai untuk keperluan lain, padahal bunga itu sedah berumur sekitar 5 tahun

MANFAAT :

Umbi banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol berkhasiat sebagai obat luka bakar. Untuk obat luka bakar dipakai umbi

Haemanlhus multiflorus

yang masih segar, dicuci dan diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang luka. Polifenol yang terkandung dalam umbi Bunga Desember aktif membunuh kuman penyebab infeksi sehingga luka bakar akan cepat kering dan sembuh.

TIPS MERAWAT BUNGA DESEMBER :

1. Bunga desember tidak akan berbunga selain di bunga desember, meskipun sekarang banyak terjadi anomali, dimana bunga ini sering berbunga hingga Februari, hal ini karena pengaruh El-nino dan la-nina, dan juga faktor perubahan iklim.

2. Ketika Bakal tumbuhan ini muncul ke permukaan tanah, biarkan tumbuh dengan sendirinya, tidak perlu disiram, karena jika banyak disiram, umbi akan busuk dan segera mati.

3. Jika Daun sudah mulai terbentuk, anda bisa menyiraminya, tapi sebatas hanya sampai tanah tempat bunga ini tumbuh basah.

4. Karena bunga ini berbunga saat musim hujan, anda tidak perlu menyiraminya terlalu sering, ingat poin 3

5. Anda bisa memanen bunga desember begitu buahnya terlihat, satu buah berisi satu biji, dan biji inilah yang bisa anda gunakan untuk dibudidayakan

6. Jika anda ingin membudidayakan bunga desember ini, tanam dulu di polibag, dan tanam saat musim hujan masih berlangsung.

Sumber : http://farming-fun.blogspot.co.id/2013/02/sekilas-tentang-bunga-desember-dan-cara.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *