12 Tips Menghemat Air

Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka sebagai manusia yang akan selalu menggantungkan diri pada air kita memang sudah seharusnya untuk menjaganya. Meskipun air ini adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan. Satu-satunya langkah adalah dengan jalan penghematan ini memang sedang banyak digalakkan oleh beberapa pihak, baik dari kalangan personal maupun organisasi. Hasilnya saat ini sudah banyak gerakan mencintai dan peduli alam dengan salah satu programnya yaitu menjaga kelestarian serta penghematan persediaan air. Lalu jika kita sendiri mau menjalankan penghematan air, maka kita bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Mengurangi Siraman

Menyiram tanaman

Cara pertama untuk bisa melakukan penghematan air adalah dengan mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air. Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan manusia adalah aktivitas mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau juga aktivitas penyiraman pada toilet duduk. Dalam aktivitas ini Anda tidak boleh menggunakan air secara berlebihan. Gunakan air pada teknik penyiraman ini dengan sebaik-baiknya sesuai keperluan untuk bisa membuat penghematan. Jika memang kendaraan Anda masih bersih maka Anda tak perlu membersihkan kendaraan Anda. Atau jika tanaman Anda sudah terkena air hujan, maka Anda juga tak perlu lagi menyiramnya. Inilah cara penghematan air dengan teknik pengurangan siraman yang bisa Anda lakukan.

2. Memantau Penggunaan Air

Air Keran

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin menghemat air dengan baik maka untuk Anda perlu melakukan pemantauan pada penggunaan air di rumah Anda. Tanpa adanya pemantauan air maka di rumah Anda bisa terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan. Tanpa adanya pemantauan air bersih yang seharusnya bisa dikendalikan memang bisa saja kemudian sumber daya ini menjadi terbuang dan habis. Maka dari itu untuk bisa menghemat air maka pemantauan dan pengendalian adalah harga yang tak bisa ditawar. Anda bisa melakukan pemantauan air ini dengan memasang meteran air bisa tidak terlalu boros atau pun mengidentifikasi adanya kebocoran.

3. Mematikan Keran

Keran Air

Salah satu hal yang seringkali membuat sumber daya air ini banyak terbuang sia-sia adalah lupa mematikan keran air. Saat keran air terbuka dan mengelaurkan air, maka memang akan terjadi pemborosan air yang sia-sia. Air yang mengisi tempat penampungan yang sudah penuh, akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dari sini maka target penghematan air yang Anda target pun tak terwujud dan malah membuat Anda harus terkena tagihan perusahaan air atau listrik yang besar.

4. Memperbaiki Kebocoran

Pipa Bocor

Saluran air dirumah Anda mungkin saja terhubung dengan pipa pipa penyaluran. Nah pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak Anda sangka-sangka. Maka dari itu untuk melakukan penghematan air Anda perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. Apabila Anda menemukan kebocoran pada saluran pipa air tersebut Anda harus segera bergegas untk memperbaikinya. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka penghematan bisa Anda wujudkan dengan baik.

5. Waktu Mandi

Mandi

Mandi memang merupakan momen yang menyenangkan bagi sebagian orang. Maka saat waktu mandi tiba tak sedikit orang yang menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Namun tahukah Anda bahwa dengan terlalu lama berada di kamar mandi maka Anda akan menghabiskan banyak air. Saat air yang dihabiskan terlampau banyak dan sering terjadi seperti ini, maka target penghematan pun akan buyar dan tak terealisasi. Bagi Anda yang memang sangat sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, Anda bisa menerapkan solusi mandi dengan shower. Dengan shower maka penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin.

6. Menggosok Gigi

Menggosok Gigi

Menurut penelitian, ada sekitar enam liter air yang akan terbuang percuma dari keran air yang menyala saat seseorang melakukan aktivitas menggosok gigi. Umumnya ketika seseorang menggosok gigi memang mereka menyalakan keran air dan terus menyalakannya meski ia sedang tidak menggunakannya karena sedang menggosok gigi. Dari sini banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang membuang-buang air dengan percuma dan sia-sia. Maka dari itu saat menggosok gigi alangkah baiknya Anda mematikan keran air saat tidak menggunakannya. Dari sini Anda akan lebih mudah untuk melakukan penghematan dengan baik.

7. Keran Aerator

Keran Aerator

Cara berikutnya untuk bisa menghemat air di rumah adalah dengan menggunakan keran aerator. Aerator sendiri adalah sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam Akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh semua ikan. Dengan alat ini Anda akan mampu membatasi aliran dari keran. Dari sana maka pada akhirnya Anda akan mampu melakukan penghematan air dengan baik.

8. Gunakan Filter Air

filter air

Bila Anda seringkali membeli air dengan kemasan galon maka Anda bisa melakukan penghematan lagi dengan cara menggunakan filter air. Apa efeknya? Ya dengan menggunakan filter air, Anda tidak perlu lagi membeli air kemasan atau air galon. Anda bisa memanfaatkan air keran dirumah Anda untuk dikonsumsi dengan baik dengan memfilternya dengan sebuah alat. Mungkin saja Anda pada waktu pembelian awal Anda harus mengeluarkan dana yang besar, namun di suatu waktu jika Anda melakukan penghitungan atau kalkulasi maka Anda akan merasakan bahwa Anda lebih berhemat.

9. Gunakan “point of use” pemanas air

Point of Use Pemanas Air

Komponen berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penghematan air adalah “point of use” pemanas air. Dengan adanya pemanas kecil ini maka air panas bisa langsung Anda peroleh dan Anda gunakan tanpa harus membuang air sambil menunggunya hangat. Dari adanya permintaan air panas  yang cukup besar saat ini, maka pemanas air ini mampu menjadi solusi berhemat. Selain menjadi solusi berhemat, pemanas air ini akan cukup menguntungkan Anda karena tidak perlu memerlukan ruang yang besar untuk penyimpanannya.

10. Gunakan Mesin dan Selang Bertekanan Untuk Mencuci Mobil

pressure washer

Selain penggunaan air saat menggosok gigi, aktivitas mencuci kendaraan juga umumnya akan membuat air seringkali terbuang dengan jumlah yang banyak. Maka jika Anda memang sedang berencana melakukan penghematan, Anda bisa melakukan teknik penggunaan mesin dan selang bertekanan pada aktivitas mencuci kendaraan. Dengan menggunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer), maka diyakini hal ini akan mampu menghemat hingga 80 persen penggunaan air. Selain menghemat air, dengan teknik ini seseorang juga dipercaya mampu menghemat banyak waktu.

11. Gunakan Air Kembali

Selanjutnya, cara untuk melakukan penghematan air di rumah adalah dengan menggunakan air kembali (reuse water). Lho bukannya air yang digunakan sudah kotor dan tak bisa dipakai lagi. Belum tentu, beberapa aktivitas seperti mencuci buah dan sayuran airnya masih bisa digunakan lagi untuk menyiram tanaman. Jadi air yang digunakan untuk menyiram air Anda kumpulkan dulu dalam panci atau baskom lalu setelahnya bisa Anda gunakan kembali untuk menyiram tanaman. Dengan hal ini maka Anda bisa melakukan penghematan seperti yang Anda inginkan.

12. Hindari Botol Plastik

Terakhir, cara untuk melakukan penghematan air di rumah adalah dengan menghindari penggunaan botol plastik. Selain dinilai tidak efisien penggunaan botol plastik diyakini bakal merusak sumber-sumber air di dalam tanah. Mengapa bisa demikian? Sebab, botol plastik ini adalah komponen yang memang sangat sulit mengurai dalam tanah. Jadi saat penguraiannya, botol plastik ini membutuhkan waktu yang lama. Lebih dari itu racun yang terdapat dalam botol plastik bisa mengkontaminasi tanah dan sumber-sumber air yang ada. Maka dari itu untuk melakukan penghematan Anda bisa menggunakan botol kemasan yang bisa digunakan berkali-kali dan diisi ulang.

Hemat Air =  Menyelamatkan Lingkungan

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan penghematan air di rumah. Maka bila Anda memang benar-benar merencanakan atau mengagendakan penghematan Anda bisa menerapkan beberapa tips diatas. Dengan hemat air, Anda bukan hanya akan mampu menghemat keuangan, namun Anda juga telah melakukan aksi penyelamatan lingkungan.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/12-cara-mudah-menghemat-air-di-rumah-anda

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *